Home > Untuk Temen CaturKu > CATUR UNTUK KEHIDUPAN

CATUR UNTUK KEHIDUPAN

Nggak tahu kenapa aku kangen nih, pengin nulis tentang Catur. Tapi tulisan kali ini dihubungkan embel embel kehidupan segala. Maksudnya apa tho….?
Gini lho kemarin waktu aku nulis tentang sedikit tentang catur buta yang koment kayaknya nggak begitu paham dengan catur…Kayak gini nih yang pada koment…:

MI’ing on 2009 April 4 02:20 mengatakan…

Mau catur buta kek, catur melek kek, aku nggak perduli……yang penting mantap bos
encus on 2009 April 4 02:23 mengatakan…

Wel, postingna pembukaan spanyol oh…..tapi sing artine separo nyolong…..
Risti on 2009 April 4 10:47 mengatakan…

aku ngga ngerti main catur buta. yang aku pernah jalanin kencan buta hehehe..

apa kabar cah cikrik?
LI on 2009 April 4 17:36 mengatakan…

sama sekali tidak mengerti catur diriku hueheheheh…nice posting..^^
tikno on 2009 April 7 03:18 mengatakan…

Wah… susah juga membayangkannya.
bunda azka on 2009 April 7 17:41 mengatakan…

ada2 aja…
catur buta segala

kayaknya rata2 rada nggak pada faham catur ya…? maka dari itu Aku nyoba nulis catur Untuk diterapkan di kehidupan sehari hari…Oiya ucap thanks dulu ya kepada yang udah koment, makasiiiiih.
Nah maksudnya catur untuk kehidupan adalah…Bercatur ternyata dapat memperkuat nilai kualitas pikiran yang bernilai tinggi, bukan sekedar mainin kayu atau plastik buah catur yang kayaknya iseng2 ajah.Pikiran yang bernilai kualitas tinggi dapat di perkuat dengan catur ini.Hidup ibarat catur, sering kita menghadapi lawan atau saingan dan perlu penanganan yang cepat dan brillian. Ringkasnya dengan bermain catur kita dapat memperoleh:
* Cermat, tepat dan teliti
bagi para pecatur tentu kecermatan, ketelitian, dan ketepatan dalam mengontrol 64 petak catur harus dilakukan, bagaimana melihat situasi kerjasama buah, kompak atau tidak. Bagaimana perkembangan buah lawan, sudah akan memberi ancaman atau tidak.Kemungkinan untuk mencegah langkah lawan yang berbahaya.
Nah di kehidupan kita, mau tidak mau ingin tidak ingin kita suatu saat dihadapkan seperti para pecatur ini. Langkah kebijaksanaan apa yang akan kita ambil untuk kemajuan hidup kita dsb, dsb.

*berhati hati
Bagi pecatur berhati hati tidak membuat langkah tergesa gesa wajib diwanti wantikan (iiih bahasa apa sih, hehehe) karena dicatur ada istilah MEKLAN (ngemek harus jalan, Kalo megang buah catur buah yang dipegang harus jalan) ada juga aturan buah yang sudah ditaruh tidak boleh digeser kepetak lainnya.
Nah untuk kehidupan kita, kita dituntut berhati hati dalam setiap mengambil keputusan2 hidup kita. Karena bila telah salah jalan hanya penyesalan yang didapatkan bukan…?
* Pandangan ke masa depan
bagi pecatur, setiap melangkahkan buah harus dipertimbangkan untuk langkah selanjutnya kedepan, pandang juga untung ruginya langkah2 tersebut.
Nah, untuk kehidupan kita tentu juga dan seyogyanya demikian bukan…? Selalu dan selalu mengevaluasi diri untuk hidup yang lebih baik tentunya.
* Tidak Cepat putus asa Ini yang penting untuk semuanya….Di catur kita belajar untuk tidak cepat putus asa atas kondisi jelek kita saat tertentu. biasakanlah untuk selalu mencari peluang2, tekun mencari jalan keluar saat tertekan. permainan catur juga kehidupan penuh pergolakan (ciiieh,), terdapat beragam titik balik di dalamnya. Seringkali setelah kita merenung, kita dapat lepas dari kesulitan2 kita. Asal tetap berusaha dengan keyakinan. tentu kesulitan2 kita dapat teratasi.

ehhhhhmmmmmmh kayaknya itu dulu deh, moga ajah bisa dipahami dan ada sedikit gunanya.
Amiiiiin

Cetak Halaman Ini

post signature

Categories: Untuk Temen CaturKu
  1. April 17, 2009 at 7:57 pm

    owh.. maksudnya.. kita juga dapa belajar dari permainan catur yah.. btw bener ga yah he..he..

  2. April 17, 2009 at 9:15 pm

    waduh dah lama juga nich gak main catur hehehheRegards,Ghustie Samosirhttp://www.hanyainfo.blogspot.com

  3. April 18, 2009 at 7:18 am

    Aku ga pernah maen catur, tp kalo dipikir2 bener juga. Mungkin catur berguna buat mengasah ketajaman berpikir dan latihan mengambil keputusan ya? Posting yg menarik!

  4. April 18, 2009 at 7:23 am

    yg pasti mesti konsentrasi tingkat tinggi.

  5. April 18, 2009 at 7:30 am

    Heheee filosofi kasparov neh

  6. April 18, 2009 at 11:51 am

    org bijaksana bilang, "berpikir dan melangkahlah bagai bidak bidak catur..tapi, jangan hanya jadi pion saja.. "

  7. April 18, 2009 at 12:52 pm

    Orang-orang yang pinter maen catur hebat-hebat ya?Coba aku bisa maen catur…. jadi pengen belajar nih hehehe

  8. April 18, 2009 at 1:13 pm

    bermain catur emng nga bisa,,klo halma pinter,ternyata di balik permainan thu adalah motivasi,semngat ,dan gmn kita bisa menjalani hidup ini dengan pertimbangan yang serba hati hati,,supaya bisa terlaksana dengan baek,,keren postingnya !

  9. April 18, 2009 at 2:40 pm

    site nya bagus, jangan lupa mampir ya

  10. April 18, 2009 at 3:23 pm

    * Tidak Cepat putus asa Ini yang penting untuk semuanya *kata-kata itu yang tepat untuk dijadikan pedoman penghayatan pancasila (apa coba…), maksudnya pedoman yang pas jika perumpamaan catur diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.tapi itu baru contoh kecil, contoh yang lebih besarnya pasti banyak. filosofinya mendalam sekali cah..

  11. April 18, 2009 at 3:50 pm

    Caturnuwun…

  12. April 21, 2009 at 6:30 am

    Saya bisa sih main catur. Tapi masih dong dong.. hehhee.. Kalah melulu… Ga ngerti langkah2 nya soalnya…

  13. April 21, 2009 at 3:09 pm

    @ hryh77: yups@ Mbak Fanny: yap@ partelon: Catur nuwun juga sayangku…hehehe@semuanya: makasih banyak….

  14. July 10, 2009 at 10:15 pm

    saya suka catur

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: