Home > Budaya, Drama > Secuil Tentang Ketoprak

Secuil Tentang Ketoprak


Dulu sewaktu saya kecil, kira2 seumur anak kelas 5 sd. saya inget almarhum bapak saya demen banget dengan acara ketoprak ini.Kalau nggak salah acara ketoprak ini ditayangkan di tvri seminggu sekali. jelas ketoprak yang dibahas bukan ketoprak sejenis makanan yang ada lontongnya,bihun, kerupuk, tahu trus diguyur sambel kacang ama di kecrutin kecap. *ups, emang ketoprak ada tahunya nggak sih?* koreksi bila saya salah ya

Ketoprak yang bukan ketoprak sejenis makanan ini adalah sejenis teater tradisional, atau drama tradisional indonesia yang bisa dikategorikan farce karena isinya biasanya merupakan komedi yang memancing rasa tawa dan geli. Komedinya biasanya karena ada kata2 yang agak ‘kotor’ atau tak layak ucap atau malahan biasanya juga tingkah megang kepala atau nonyol. pokoke bau farce wis, kata buku sastra indonesia.🙂

Seingat saya, biasanya latar cerita ketoprak ini adalah cerita2 rakyat yang sudah melegenda ataupun kerajaan2 di jawa tengah jawa timur pada khususnya. Dan seingat saya lagi, waktu tahun 90an itu sisi kelucuan terletak di banyolan banyolan blodor. Blodor yaitu semacam peran figuran yang tujuannya memang untuk melucu atau menghibur di sela jalannya cerita. Namun setelah ada ketoprak humornya srimulat, yaitu sekitar tahun 2 ribuan, ehnnnggg koreksi bila saya salah lagi tentang tahunnya. Ketoprak menjadi bener2 lucu dan kayaknya nggak bisa mbedain mana blodor dan mana pemeran utamanya. karena iyyyaaa itu tadi semuanya lucu.🙂

Dan mungkin hanya itu ‘ilmu’ saya yang bisa saya kalamkan(baca tuliskan) tentang ketoprak ini. Ternyata memang Benar bahwa apa yang dikalamkan itu sesuai dengan ilmu yang dipunyai.Semakin luas pengetahuannya(ilmunya) tentu semakin banyak pula yang bisa diceritakan. Dan ilmu saya tentang ketoprak ini ternyata hanya seperti yang diataslah yang bisa disampaikan.
Maaf dan Salam Ya…

****
sumber gambar:http://images.search.yahoo.com/images/view?back=http%3A%2F%2Fimages.search.yahoo.com%2Fsearch%2Fimages%3Fp%3Dgambar%2Bketoprak%26ei%3DUTF-8%26fr%3Dffds1%26fr2%3Dtab-web&w=80&h=53&imgurl=techno.okezone.com%2Fphoto%2Fglli%2Fphoto%2F2009%2F07%2F07%2F16%2F3218%2Fimage2_thumb.JPG&rurl=http%3A%2F%2Ftechno.okezone.com%2Fview%2F2009%2F07%2F07%2F16%2F3218%2Fhari-jadi-postel-rayakan-dengan-ketoprak&size=5k&name=image2+thumb+JPG&p=gambar+ketoprak&oid=c26f89298a75e8bc&fr2=tab-web&no=7&tt=9&sigr=12qep1ku1&sigi=127ou7i9q&sigb=12skcjd9k

Categories: Budaya, Drama
  1. February 6, 2010 at 1:17 am

    lama gak kesini, kayaknya templatenya ganti ya, Chen? Zaman TVRI dulu, tayangan macam ini memang banyak, selain ketoprak juga ada gambang kromong, sendratari, wayang dll. Sekarang sudah mulai jarang ya

  2. February 6, 2010 at 1:44 am

    dulu sih RCTI juga siarin ketoprak humor…tapi sekarang OVJhahahhahha

  3. February 6, 2010 at 2:39 am

    kirain ketoprak makanan itu bro, wes kadung ngiler he222, btw semoga seni budaya yg seperti itu tidak terkikis oleh zaman…

  4. February 6, 2010 at 3:06 am

    jadi pengen makan ketoprak. lhoo?

  5. February 6, 2010 at 4:29 am

    bicara soal ketoprak.. mertuaku dua duanya pemain thoprak lho… apalagi ibu mertuaku, suaranya merdu.. klo nyinden.. wah bisa bikin nyenyak tidur

  6. February 6, 2010 at 5:01 am

    wow, mudah2n g ada yg ngambil budaya kita lagi yaaa🙂

  7. February 6, 2010 at 7:00 am

    kalo aku taunya ketoprak makanan..jadi laper..

  8. February 6, 2010 at 7:22 am

    skrg ketoprak dah bias jadi makanan nih…hehe

  9. February 6, 2010 at 7:36 am

    jadi ingat ama ketoprak humor, dulu rajin nonton tayangan di TV

  10. February 6, 2010 at 9:08 am

    Ketoprak tuh kesenian favorit saya Mas

  11. February 6, 2010 at 9:22 am

    salam sobatwah saya suka mas ketoprak,saat dulu di kota saya Yogyakarta,sering nonton.jadi kangen lihat foto yang dipostingkan mas,,

  12. February 6, 2010 at 9:31 am

    saya masih ingat pernah ada ketoprak sayembara. waktu itu semangat ngikutin cerita serialnya, untuk nyocokin, tebakan bener nggak.

  13. February 6, 2010 at 10:43 am

    kalo saya dulu suka liatnya di rcti he..he..

  14. February 6, 2010 at 10:49 am

    aku suka ketoprak yang penting seru ada adegan humornya selamat malam mas

  15. February 6, 2010 at 10:50 am

    ketoprak salah satu budaya yang harus dilestarikan

  16. February 6, 2010 at 10:52 am

    artikel yang sangat saya sukai tentang budaya bangsa

  17. February 6, 2010 at 10:56 am

    i like your culture bro very exotic

  18. February 6, 2010 at 10:57 am

    terimaasih mas rupanya anda sudah memasang link saya di blog anda langsung deh dipasang juga

  19. February 6, 2010 at 11:46 am

    jiah.. kirain makanannya, tp emang kasian juga udah mulai terkikis sama pelem moderen

  20. February 6, 2010 at 12:10 pm

    aku juga suka banget nonton ketoprak walaupun nggak ngerti… hehehehehe

  21. February 6, 2010 at 2:45 pm

    wah aku dulu malah pernah jadi pemain, peranna anak gendruwo trus di suruh pake gigi palsu yang lancip2 gt. anehya tiap mo ta pake bawaane mo muntah mulu…. akhire ga berani bicara deh aku heheh. seru banget

  22. February 6, 2010 at 3:38 pm

    Klo pas lagi pulkam, masih sering nonton live kethoprak….

  23. February 6, 2010 at 10:45 pm

    ehmmm… ketoprak ya? Aku juga suka nonton… apalagi kalo pas adegan ngelucu dan perang-perangan…

  24. February 6, 2010 at 11:56 pm

    Sekarang sudah susah kalau pengin nonton ketoprak…

  25. Dhe
    February 7, 2010 at 2:18 am

    dhe ga pernah liat ketoprak…😦 hikz.. dan maem ketoprak, krn ga suka kacang, kecap.. dsb.di ungaran ada pertunjukkan ketoprak ga yah?? hmmm..

  26. Kurotsuchi
    February 7, 2010 at 2:42 am

    saya pas masih kecil takut sama wayang orang. tapi selepas nonton Mahabharata dan Ramayana, jadi doyan wayang. sekarang? paling cuman ngandalin OVJ dowangan😛

  27. February 7, 2010 at 2:46 am

    hanpir setiap hari minggu dulu inyong selalu mendengarkan ketoprak radio

  28. February 8, 2010 at 2:01 am

    sayangnya, sekarang ketoprak makin langka. aku sedih….

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: