Home > Asal nyoret, Budaya, Rebo Pungkasan > Teringat Rebo Kasan

Teringat Rebo Kasan

Sebenernya tadi saya alias a-chen ini pengin melanjutkan postingan dengan label puisi asal ataupun malahan label asal nyepak yang lebih ngasal lagih…hihihiih.

Cuman tadi lewat obrolan ngalor ngidul ama temen, saya baru nyadar kalo hari ini itu Rebo Kasan. Jadi supaya Rebo Kasan ini tersejarahkan di Blognya a-chen a.k.a Blog Cendrawasih ini akhirnya saya mencoba menulis sedikit tentang Rebo Kasan ini.

Bicara tentang Rebo Kasan, setahu Saya Rebo Kasan adalah hari Rabu Terakhir pada Bulan Safar. Bulan kedua di tahun hijriyyah,Yang mana Bulan ini termasuk bulan sunnahnya Nabi SAW,Beliau menamakannya Safar Al-Khair.Bulan Safar juga merupakan bulan di mana Allah menurunkan ‘Kemarahan’ dan Hukuman ke atas dunia.Khususnya saat Rebo Kasan.Oleh sebab itu acara Rebo Kasan ini biasanya di isi dengan pembacaan doa2 tolak bala, sholat sunnah dan sebagainya.

Dua tahun yang lalu, Saya ikutan merayakan Rebo kasan yaitu dengan cara berkumpul di pagi hari sekitar jam 06.00 di Musholla.Dengan membawa jamuan ketupat opor ayam , ayam goreng, ayam bakar dan lain-lain. Acara dipimpim oleh imam masjid dan diiringi dengan tahlil dan tahmid serta diakhir dengan do’a tolak bala. Tak lupa meminum air doa tolak bala, dimana air itu adalah air dari larutan kertas yang bertuliskan ayat salamah tujuh. Dan setelah itu, peserta memakan jamuan bersama sama.

Saya sendiri sih suka suka ajah dengan acara Rebo Kasanan ini, disamping mempererat tali silaturahmi juga ada ketaqorruban disana. Dan lebih nikmat dari sholat tarowih 20 rakaat, karena ada makan2nya. hehehehe

Dan sayang sekali tahun ini saya rebo kasanannya hanya menulis postingan ‘Teringat Rebo Kasan’ Saja.😦

Salam…

  1. February 10, 2010 at 1:44 am

    saya justru baru tau tentang rebo kasan he..he..

  2. February 10, 2010 at 2:01 am

    kirain nama orang bro, ternyata itu ya hehehehe

  3. February 10, 2010 at 2:34 am

    bagus infonya..

  4. February 10, 2010 at 3:01 am

    Rebo kasan ada makan-makan pasti nyaman🙂

  5. February 10, 2010 at 3:05 am

    kok dari tulisannya kelihatan lagi jenuh nih bro ?

  6. February 10, 2010 at 3:32 am

    oo gitu toh. manggut2.

  7. February 10, 2010 at 3:53 am

    salam sobatternyata Rebo kasan,hari rabu terakhir di bulan safar,saya baru tahu baca di blog keren ini.trims atas infonya.

  8. February 10, 2010 at 4:06 am

    Just wanna say : Assalamu'alaikum..Lama tidak berkunjung ^_^

  9. Dhe
    February 10, 2010 at 4:32 am

    baru ngerti rebo kasan yah di sini, baru di blognya a-chen. koz dhe orang aceh, jadi jarang ada perayaan2 atau sputar pringatan bulan2 gt. di jawa banyak banget yah. ada 1 suro, trus safaran dan skrg rebo kasan. hehehejadi lebih banyak tau ne dhe sjak di jawa😀

  10. February 10, 2010 at 4:36 am

    Mampirr, slm knal yaaa… please follow me, I'll follow u + tar aq taro link u di Friends' Links q … tq

  11. February 10, 2010 at 4:39 am

    kirain lagu itu loh.. Pak Rebo.. pak rebo lahire dino kemis… trus piye yo lali.. he..he…

  12. February 10, 2010 at 4:57 am

    artinya tidak ikut makan2 mas…hahaha (bercanda).

  13. February 10, 2010 at 5:19 am

    ooohh… rebo kasan tuh gituh yah, aku malah baru tau lho.. hehe..😀

  14. February 10, 2010 at 5:47 am

    kalau di tempat saya baik di Jawa maupun yang sekarang di Tangerang, menyebutnya dengan Rebo Wekasan. Sama, bahwa pada hari ini diyakini Allah menurunkan berbagai macam penyakit, untuk itu kita ( umat muslim ) di sunahkan ( sekali lagi di sunahkah, bukan wajib ) untuk membaca doa. Sepanjang yang saya ikuti, saya hanya ikut membaca surah Yaasiin bersama jamaah mushola lainnya dilanjutkan dengan doa bersama, sedang untuk sholat sunah, jujur belum pernah menjalankan, juga tentang acara 'ngariyung' sambil membawa aneka macam makanan di pagi hari, hal semacam ini juga dilakukan oleh sebagian masyarakat, tapi saya belum pernah mengikutinya. Kalau memasukan tulisan do'a ke dalam sumur atau tempayan, di tempat tinggal saya juga ada hal semacam ini.Terlepas dari pro dan kontra ( jika ada yang kontra )Rebo Wekasan ( Rebo Kasan ) ini, saya lebih melihat bahwa ini adalah salah satu upaya kita untuk memohon perlindungan kepada Allah, bukankah kita memang membutuhkan perlindungan Allah atas segala bencana dan musibah. Perkara acara 'kenduri' atau apapun namanya, saya lebih melihat sisi sodaqohnya ( berbagi makanan dengan orang lain ) Wallohualam.

  15. February 10, 2010 at 6:10 am

    hiks hiks rebo kasan tag kira nama orang hehehternyata hari rabu di minggu akhir bulan yaw :Dberkunjung n ditunggu kunjungan baliknya makasihh🙂

  16. February 10, 2010 at 6:49 am

    whualah aku malah ga mudeng, tauku kliwon ato paling seneng kalo soale PON maen ke pasar cari jaket2 second hehhe

  17. February 10, 2010 at 7:46 am

    yang penting semangatnya lah mas chen

  18. February 10, 2010 at 8:11 am

    apa sih rebo kasan itu ?

  19. February 10, 2010 at 8:56 am

    saya baru tw ni sOb.,,..,,.tHanks yA.,.,.,,.

  20. February 10, 2010 at 11:28 am

    saya juga mengenal rebo kasan sebagai rebo wekasan, dianjurkan ole orang-orang tua untuk membaca doa tolakbala dan doa lainnya pada hari itu.:p:

  21. February 10, 2010 at 5:32 pm

    wah… baru tau nih mas…

  22. February 10, 2010 at 10:41 pm

    Di gresik mbak, di daerah yang namanya suci selalu ramai ketika rebo kasan, mereka berdoa bareng-bareng di masjid bahkan bersilahturahmi layaknya hari raya. Jadi keingetan acara rebo kasan di sana.

  23. February 11, 2010 at 4:10 am

    baru dengar ada istilah rebo kasan.kirain nama orang

  24. February 11, 2010 at 5:17 am

    Ooo.. mungkin kalo di tempat kami di kalsel pake acara makan2 ketupat tolak bala itu ya. mungkin sama. hemmm…salam kenal!😀

  25. February 11, 2010 at 5:17 am

    Baru tau ma acara kayak gitu. enak nih bisa makan2 gratis hehehehebtw, ada tag buat dikau. diambil yahhhh

  26. February 11, 2010 at 8:28 am

    jadi tahu sebuah acara di jawa makasih ya mas sudah membaginya

  27. February 11, 2010 at 9:15 am

    rebo kasan, sayang jika terlewatkan…

  28. February 11, 2010 at 1:34 pm

    Acara ngumpul di masjid/mushola, masing2 membawa makanan tuk dinikmati bersama-sama, klo dikampungku namanya selikuran, dilaksanakan setiap tanggal 21 Ramadhan. Tentang Rebo Kasan…Baru tahu sekarang BRo…!! he..he..

  29. February 11, 2010 at 2:40 pm

    Iya ini jadi tau maksudnya gimana… hehehehehehehe

  30. February 11, 2010 at 9:48 pm

    Do'anya okee… jamuannya jga okeee… lahir-bathin kenyang dwech… Btw, aq ud follow u… tar tlg follow balik yaaa… abis tu bru aq psg link u di Friends' Links q… tengkyuuuuu dan smoga makin sukses yaaa…

  31. February 12, 2010 at 2:26 am

    aku datag cuma numpang baca2 aja salam kenal🙂

  32. February 12, 2010 at 8:47 am

    Nice artikel mas..,met sore …met beraktifitas

  33. February 14, 2010 at 9:22 am

    Infonya kerenthanks ya

  34. lin
  35. May 19, 2010 at 4:57 am

    kalo rebo kasan bukannya baca yasin dan ada beberapa ayat yang di ulang 2"bertuliskan ayat salamah tujuh" kok kayaknya janggal coba di rangkai kalimatnya sumber aslinya Sab'ul Munjiyat

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: