Home > Asal nyoret > Anatomi Puisi Marjorie Boulton

Anatomi Puisi Marjorie Boulton

Maaf ini hanya artikel tentang Anatomi puisi menurut Marjori boulton (anatomy of poetry,1979) yang saya baca di Anatomi sastra karya Atar Semi. Semoga saja ada sedikit gunanya…🙂

Sesuai judul Anatomi Puisi ‘menurut’ Marjorie Boulton maka secara singkat postingannya menjadi begini.

Marjorie Boulton dalam bukunya anatomy of poetry membagi anatomi puisi menjadi 2 bagian:

1. Bentuk Fisik
Berupa lapisan bunyi, yaitu lapisan lambang lambang bahasa sastra, mencakup nada dan larik puisi, termasuk didalamnya irama, sajak, intonasi,pengulangan dan perangkat kebahasaan lainnya.

2. Bentuk Mental
Berupa lapisan arti dan lapisan tema.
dimana lapisan arti adalah sejumlah arti yang dilambangkan oleh struktur yang terdiri dari lapisan bahasa. Sedang lapisan tema, yakni sesuatu yang menjadi tujuan penyair, atau sesuatu efek tertentu yang didambakan penyair.

Dalam artian ini Marjorie boulton ini menambahkan, bahwa Beliau mengakui bahwa tak mungkin untuk membedakan bentuk fisik dengan bentuk mental secara komplit. Karena kedua bentuk itu berinterralasi satu dengan yang lain. Oleh sebab itulah dalam sebuah puisi bila harus dibicarakan secara 2 bentuk ini, maka tidak dapat dilihat pertaliannya satu sama lain.

Yang perlu di ingat lapisan lapisan(lapisan bunyi,lapisan arti, lapisan tema) tersebut saling bertautan; lapisan bunyi menimbulkan arti, lapisan arti menimbulkan lapisan tema. Bila toh lapisan bunyi itu tak ada, atau mungkin berantakan, trus lapisan arti tidak ada pula, maka bisa dipastikan lapisan temanya pun tak ada. Dan puisi itu sendiri dikatakan tak pernah ada, Atau kalaupun ada tidak bisa dikatakan puisi.

Oleh sebab itu puisi merupakan sebuah totalitas dari ketiga lapisan tadi, dimana kudu membuat lapisan bunyi dengan baik dan lapisan tersebut membentuk lapisan arti dan tema yang baik pula, Sehingga puisi itu menjadi suatu totalitas yang sempurna.

Begitu sajalah Anatomi Puisi menurut Marjorie Boulton.
Semoga ada manfaatnya.
Dan, Salam….

Categories: Asal nyoret
  1. February 13, 2010 at 5:39 pm

    apa ini semacam tutorial membuat puisi? hehehehe…

  2. February 13, 2010 at 5:42 pm

    hihiihihih, Iya chen.. sebuah tutorial puisi Kah…?😀

  3. February 13, 2010 at 5:44 pm

    segala hal tentang puisi sepertinya bisa dijumpai disini mas..:D

  4. February 13, 2010 at 5:46 pm

    @Clara; Nggak mbak, hanya kutipan dari bukunya Marjorie Boulton Ajah…

  5. February 13, 2010 at 5:47 pm

    @Buwel: Walah…. :-D@Mas Hendriawanz: Waduh, Masa…🙂

  6. February 13, 2010 at 10:00 pm

    jalan 2 pagi ketemu puisi terus,,mantap,,

  7. February 13, 2010 at 10:25 pm

    Makasih infonya.. oh iya, a-chen ini mas atau mbak sih? takut salah aku nyebutinnya..

  8. February 13, 2010 at 11:44 pm

    wow .. ternyata puisi ada anatominya juga ya… klo aku sih klo bikin puisi ya yang mengalir gitu aja…

  9. February 14, 2010 at 12:46 am

    Marjorie Boulton itu laki-2 to..? Kirain wanita hehehe… :e:Kok disebutnya sebagai "anatomi" sih ?

  10. February 14, 2010 at 12:59 am

    Ternyata ada 'tutorial'nya juga dalam membuat puisi ya..? Padahal selama ini aku hanya asal tulis saja hehehe

  11. February 14, 2010 at 1:24 am

    hmmmm… jadi makin tau ni Chen…

  12. February 14, 2010 at 5:09 am

    dapet ilmu baru lagi🙂 tq dah berbagi🙂

  13. February 14, 2010 at 6:43 am

    memang semua itu ada teorinya🙂

  14. February 14, 2010 at 11:21 am

    manggut2 aja deh

  15. February 18, 2010 at 8:31 am

    terima kasih ilmunya…makin gak pede aja bikin puisi nih, hiks….

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: