Home > Asal nyoret > Inversi dalam Puisi

Inversi dalam Puisi

Seperti yang pernah Saya tuliskan bahwa menurut Menurut Marjorie Boulton Unsur unsur yang membangun sebuah puisi adalah terdiri dari 2 bagian, yaitu bagian bentuk fisik dan bagian bentuk secara mental.

Dimana bentuk secara fisik yaitu apa yang terlihat secara lahiriah; seperti nada dan larik puisi, termasuk di dalamnya irama, intonasi dan perangkat kebahasaan lainnya.
Sedangkan bentuk mentalnya mencakup arti dan tema tentang apa sih maksud dari tatanan bentuk fisik tadi.

Nah Kaitannya dengan judul, yaitu Inversi dalam puisi, Inversi ini termasuk dalam perangkat atau alat kebahasaan lainnya yang termasuk dalam unsur unsur puisi pembentuk fisik atau lahiriah puisi ini.

Pada dasarnya sih Inversi ini digolongkan ke dalam diksi; yaitu kata kata penyusun puisi yang sifatnya sebagai pengimagian. Seperti kombinasi kata, entah itu penjajaran makna, majas, perumpamaan ataupun repetisi, simbol simbol maupun enjambemen dan tipografi.

Inversi disini adalah salah satu gaya pemanfaatan dalam puisi dimana arti atau definisinya sendiri adalah gaya yang membalikkan urutan subyek dan predikat Atau membalikkan pola susunan kata dalam suatu frase.

Tujuannya sih untuk penegasan ide atau perasaan sebagai pencari efek tertentu bagi pembacanya.

Dan jelas kalau inversi ini nylenehi bahasa formal.

Efek efek dari inversi tadi sekali lagi hanya untuk menimbulkan efek puitis saja, jadi tak selamanya penyair memakai inversi ini dalam setiap puisi atau syairnya.

Mungkin gaya inversi ini sering dipakai(setahu saya) oleh Aephobia; blogger puisi yang dinamai penyair selatan oleh mas Aulawi ahmad, dalam karya karya puisinya.

Contoh pemakaian inversi dalam puisi yang mungkin akrab di telinga, ehm maksudnya pernah dipakai oleh maestro maestro penyair terkenal adalah seperti:

Ini muka penuh Luka (Chairil Anwar)
Tunduk terbungkuk matanya sangat papa(Taufik Ismail)
Meluas Pandangku meninjau cita cita abadi(Umar Ismail)
Pulang padamu segala suara(Trisno Sumardjo)

Nah seperti itu saja setahu saya tentang inversi dalam puisi yang saya ambil dari berbagai sumber.

Salam…

Categories: Asal nyoret
  1. April 25, 2010 at 12:10 am

    Makasih atas infonya ya mas..

  2. April 25, 2010 at 12:40 am

    Brkunjung lg ane , sblumny ane ucapkan terimakasih bwt mas a-chen and buwel, ane dh brhasil sukser..;-), tp ad kndla dikit. Replaynya tetap posisinya di bawah. Coba entar mas a-chen cek ya. Mungkin ad solusinya..;-), sukses sll..

  3. April 25, 2010 at 12:52 am

    selamat berakhir pekan bro..

  4. April 25, 2010 at 1:19 am

    Makasih kawan sharenya.Aneh bahasa inversi ini

  5. April 25, 2010 at 1:20 am

    Aku baru tahu inversi ini sob makasih

  6. April 25, 2010 at 1:27 am

    Thanks sharenya kawan.unik dan jarang di post peblogger

  7. April 25, 2010 at 1:29 am

    wow, jadi kayk dosen sastra nih si Achen.

  8. Kurotsuchi
    April 25, 2010 at 1:40 am

    i do really like this!informatif sangat, dan bisa memberikan pengetahuan bagi yang masih awam🙂

  9. April 25, 2010 at 2:50 am

    ternyata dalam berpuisi, memang harus tahu aturan main yang baik dan bener

  10. April 25, 2010 at 3:03 am

    thanks nie infonya tapi jujur saya bisa membuat karangan puisi tapi susah sekali membacanya jiakakak

  11. April 25, 2010 at 3:33 am

    salamsobatwah ini ganti template juga,warna kuning ,jadi cerah mas,saya jadi tahu efek-efek inversi ,karena berkunjung kesini.

  12. April 25, 2010 at 4:36 am

    masih bingung negh chen

  13. April 25, 2010 at 5:50 am

    makasih banyak atas sharing ilmunya sobat..

  14. April 25, 2010 at 6:00 am

    [Manggut-manggut] Ehm.. [mikir] ..enggak ngerti😀

  15. April 25, 2010 at 6:04 am

    emang maestronya puisi mas achen ini :)makasihsalut buat kakaksalamdari blogger abnormal

  16. April 25, 2010 at 6:31 am

    wah.. sastra banget, otakku rada susah mencerna, hehebtw, makasi dah berbagi ilmunya ya sob!

  17. sky
    April 25, 2010 at 6:36 am

    perbendaharaan ilmu saya tentang puisi semakin bertambahterima kasih

  18. April 25, 2010 at 7:25 am

    gitu ya

  19. April 25, 2010 at 7:51 am

    Wah bang achen pasti dulu nilai pelajaran bahasa indonesianya 10 nih, hebat euy artikelnya tentang puisi….:D

  20. April 25, 2010 at 10:00 am

    puisi ? bahasa hati yang jujur

  21. April 25, 2010 at 10:37 am

    PUISI UNTUKMU SOB..ANDA HEBAT… BAT…BATADAKAH ANDA HEBATSESUNGGUHNYA ANDA HEBATBENAR-BENAR SEKALI HEBATTERIMAKASIH

  22. April 25, 2010 at 11:24 am

    tq infonya brother🙂

  23. April 25, 2010 at 12:21 pm

    owh, aku mau nyoba bikin artikel postingan gaya inversi akhh,,,bisa ga yah.

  24. April 25, 2010 at 12:39 pm

    sepertinya hal ini juga bisa kok diterapin di blogg..;)

  25. April 25, 2010 at 2:28 pm

    Brkunjung lg mas..;-)

  26. April 25, 2010 at 2:59 pm

    pantesan puisinya selalu bagus.. ngerti banget soal per puisian chen

  27. April 25, 2010 at 3:53 pm

    ternyata puisi itu teorinya begitu ya hehehe, tq dah berbagi🙂

  28. April 25, 2010 at 4:30 pm

    Apakah sama inversi puisi dengan lirik lagu,,kalau menurut anem dalam membuat puisi, ane memunculkan ego untuk menuliskan perasaan lewat goresan pena dan memaksa kata yang ditulis berestetika dengan akhiran sama.

  29. Delia
    April 25, 2010 at 4:58 pm

    Thanks infonya..Mudah2an suatu hari bisa buat puisi .. hehehe

  30. eka
    April 25, 2010 at 5:49 pm

    Arigato, Achen.

  31. April 25, 2010 at 11:36 pm

    inversi..sulit..:p

  32. April 26, 2010 at 2:06 am

    Wah, ru tahu tentang bentuk fisik, bentuk mental dari sebuah puisi.***___aku cuka sekali!

  33. April 26, 2010 at 4:14 am

    Thanks Atas Sharenya Mbak. Jadi tambah wawasan main kesini…Salam Knal

  34. April 26, 2010 at 5:55 am

    hmmm, iya yaaa…tapi aku kadang susah banget dapetin kata2 yang tepat, hiks…diksinya jadi kacau :((thanks for share, mbak… ^^

  35. April 26, 2010 at 7:11 am

    aku kalo bikin puisi biasanya ngalir aja tuh mas achen… tapi makasih deh atas inponya….

  36. April 26, 2010 at 10:07 am

    wuhhhh keren,,,follow balik ea mbggrites.blogspot.com

  37. April 26, 2010 at 1:32 pm

    baru tau saya ini mas..lumayan buat belajar bikin puisi he..he..

  38. April 26, 2010 at 4:03 pm

    Brkunjung lg mas, ternyat ad ilmux jg ya lo mw bwt puisi?, rumit jg ya..

  39. April 26, 2010 at 4:22 pm

    nice sharing mas….met malam ya….

  40. April 27, 2010 at 9:27 am

    berkunjung…mantep sob artikelnya…. saya ijin copy ya….thx sblmnya…

  41. April 28, 2010 at 12:01 am

    INVERSI itu salinan kata per kata dari Bahasa Arab yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.Jadilah ia inversi dalam Bahasa Indonesia tetapi biasa dalam Bahasa Arab. Begitu pula–mungkin–sebaliknya. he.he.daripada dak ada komentar…

  42. April 28, 2010 at 3:58 pm

    i like poem….

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: