Home > Asal nyoret, Belajar menulis esai > Bertanya tentang Kebenaran

Bertanya tentang Kebenaran

Sebuah kebenaran akan tetaplah benar meski di dunia hanya ada satu orang yang mengatakan. Dan Sebaliknya pula sebuah kesalahan, Akan Tetap salah meski dikatakan benar oleh semua orang. Permisalan yang mudah adalah 1 ditambah 1 sama dengan 2, ala jawaban matematika tentunya.

Tentu Sampai matipun kita akan memegang teguh keyakinan kita tentang hasil 2 ini. Karena kita yakin kebenaran tentang itu, dan bisa dibuktikan secara nalar. Meskipun andaikata seluruh orang di dunia mengatakan hasilnya bukan 2, keyakinan kita tetap tak tergoyahkan tanpa mamang, tanpa ragu sedikitpun;melebihi sekokoh kokohnya karang yang paling kokoh. Iya Nggak?🙂

Nah, Kita Enak hidup di jaman sekarang. Dimana kaidah tentang mana yang benar dan mana yang salah sudah ribuan orang yang merumuskan. Tinggal tekun mempelajari, Cari guru yang mumpuni, Trus diyakini. Benar atau salahkah rumusan ribuan orang yang terdahulu itu. Kalau salah tinggalkan, Kalau benar tinggal dipatuhi sampai mati.

Namun anehnya menilik kejadian2 dari dulu sampai sekarang kok banyak penyimpangan2 dari sebuah kebenaran ini. Apa memang kebenaran itu yang salah, ataukah kesalahan sudah makin membudaya. Atau memang kebenaran hanyalah sebuah kata kebenaran?
Atau, Apa Yah?

  1. May 28, 2010 at 2:29 pm

    wah, tumben nulis artikel spt ini.

  2. May 28, 2010 at 2:34 pm

    kalau inyong mmembaca koran, kebenaran itu hanya sebatas kata

  3. May 28, 2010 at 2:38 pm

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!1 ditambah 1 bisa saja hasilnya menjadi akar kuadrat 4 atau bisa juga 12/6.hehehehehehe

  4. May 28, 2010 at 2:43 pm

    @alamendah😀

  5. May 28, 2010 at 2:51 pm

    mungkin kesalahn yg sudah membudaya mas….

  6. May 28, 2010 at 2:56 pm

    kebenaran itu adalah nyata tentang benar atau tidak benarnya kenyataan itu hanya allah yang mengetahui segalanya

  7. May 28, 2010 at 3:02 pm

    yang terjadi adalah banyak orang yg merasa paling benar bro, hingga kebenaran hakiki jadi tersamar🙂

  8. May 28, 2010 at 3:07 pm

    Namun anehnya menilik kejadian2 dari dulu sampai sekarang kok banyak penyimpangan2 dari sebuah kebenaran ini. Apa memang kebenaran itu yang salah, ataukah kesalahan sudah makin membudaya. Atau memang kebenaran hanyalah sebuah kata kebenaran?Atau, Apa Yah?atau kebenaran sudah sangat sulit dicari dijaman sekarang, atau sudah tidak adanya keyakinan?hehegak nyambung yah chen??

  9. May 28, 2010 at 3:11 pm

    bisa jadi kebenaran dianggap sama dengan kebetulan, hingga terjadi banyak penyimpangan🙂

  10. May 28, 2010 at 3:12 pm

    kalo saya bahas tentang TABEL KEBENARAN.,..eits disini rupanya ada Bertanya tentang Kebenaran..jodoh ni he he hhe

  11. May 28, 2010 at 3:29 pm

    kalo meninjau sekarang..kebenaran yang dibelokkan deh..ya kembali lagi ke kita melihat kebenaran yang sebenar benarnya dan tidak ikut terjerumus dalam kebenaran yang palsu😉

  12. May 28, 2010 at 4:19 pm

    kebenaran sapai kapanpun tak akan pernah berubah,..walaupun kebenaran diputar balikkan namun kebenaran tidak akan pernah kalah

  13. May 28, 2010 at 4:52 pm

    ya😀

  14. May 28, 2010 at 6:48 pm

    kalau dalam dunia seni semua benar, kalau dalam dunia nyata hanya Allah SWT yang Maha tahu sebenar-benarnya suatu kebenaran… (jadi pusing sendiri saya)

  15. May 28, 2010 at 10:18 pm

    kalau kebenaran sudah jelas tapi tetap banyak penyimpangan itu berarti iblis berhasil dan sekarang kayaknya mereka sedang pesta pora karena banyaknya penyimpangan

  16. May 28, 2010 at 11:39 pm

    sepertinya sudah sulit mencari kebenaran di jaman sekarang, semuanya kurang meyakinkan, sehingga menuntut kita untuk bertahan…

  17. May 28, 2010 at 11:42 pm

    artikelnya menarik… jadi sadar kenapa baik dikatakan benar dan kenapa jelek dikatakan salah… malah sekarang ini banyak yang jelek atau sesuatu yang buruk dikatakan benar

  18. May 29, 2010 at 12:16 am

    hmm..pemikiran yang bagus.emang aneh ya sekarang ini..yang salah dianggap benar. yang benar diserang?

  19. May 29, 2010 at 12:39 am

    Merasa paling benar itu juga gak baik..

  20. joe
    May 29, 2010 at 2:12 am

    apalagi di dunia politik, kebenaran bisa menjadi sangat relatif…

  21. May 29, 2010 at 4:50 am

    kesalahan yang secara sistemik telah menjadi kebenaran (ikutan istilah mba century)

  22. May 29, 2010 at 5:51 am

    Masalahnya tiap orang punya kebenaran sesuai versi msing2… 😦

  23. May 29, 2010 at 5:52 am

    Wah.., serius nih sekarang ? Kok postingannya gak spt biasa ya…?

  24. May 29, 2010 at 6:10 am

    beuh nice bgt gan asli kren…tp aneh kebenaran jrng terlihat, yang da hanya kebohongan…

  25. May 29, 2010 at 7:51 am

    wah dari puisi sekarang ke easi ya? hehe

  26. May 29, 2010 at 8:28 am

    tapi ada juga orang yang yakin pada sesuatu yang ia dapatkan sendiri dan tidak percaya pada apapun selain dirinya…Terimakasih sudah kunjung, maaf baru bisa mampir

  27. May 29, 2010 at 8:29 am

    @OkezaneMaaf mas, coba2 tulisan "reply"gimana buatnya?

  28. Delia
    May 29, 2010 at 10:10 am

    Kadang manusia nya yg tidak mau menerima kebenaran .. jadi diya mencoba disalahkan…. ehmmm CMIIW….Oya mas..ampe lupa ama Tag kemarin..InsyaAllah akan dipublish.. maaf ,, lia lupa2 trus😦

  29. May 29, 2010 at 10:18 am

    utk konsep kebenaran kan ndak musti ngikutin siapapun😀 cari ndiri aja…

  30. May 29, 2010 at 11:34 am

    terkadang org harus melakukan kesalahan dulu, baru deh bisa mengerti kebenaran gitu kli ya??? :p

  31. tfd
    May 29, 2010 at 3:10 pm

    malam…

  32. May 29, 2010 at 5:20 pm

    semua kebenaran melalui 3 tahap, pertama ia ditertawakan, kedua ia mendapat serangan hebat dan ketiga ia terbukti benar. kata-kata ini nyulik dari Arthur Schopenhauer, hehehe..

  33. May 29, 2010 at 6:12 pm

    berkunjung lagi bang achenmet berakhir pekan ya???

  34. May 29, 2010 at 10:07 pm

    Kesalahan makin membudaya kawan.karena watak manusia yang MURKO dan kemaruk dengan harta dunia

  35. May 29, 2010 at 10:08 pm

    berkunjung cari info baru

  36. May 29, 2010 at 11:32 pm

    Setuju sama @ bang rizal, kebenaran tetap utuh sebagai kebenaran..nice post mas..

  37. May 31, 2010 at 1:05 am

    kebenaran yang ada di dunia ini hanyalah pembenaran semata. Kebenaran yang hakiki ada di agama…..semoga saja orang2 tidak sering melakukan pembenaran…

  38. May 31, 2010 at 4:43 am

    yang penting jujur sajalahkebenarannya nanti datang sendiri

  39. June 14, 2010 at 1:38 pm

    Kebenaran akan tetap benar, manusia yang kadang membelokkan suatu kebenaran sesuai dengan kepentingannya.Salam hangat dari Surabaya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: