Home > Asal nyoret, Budaya, Jenis Puisi Tradisional Lama > Jenis Puisi Tradisional ( Lama) Indonesia

Jenis Puisi Tradisional ( Lama) Indonesia

Sebagai awalan atau muqoddimah tentang jenis jenis puisi tradisional(lama) di Indonesia yang nanti hanya berisi urutan postingan sebelumnya yang pernah terpostingkan ada baiknya disampaikan perbedaan mendasar Puisi Tradisional (Lama) dengan Puisi Modern (baru) meski cuman sekedar.

Yang patut digaris bawahi sebelumnya adalah bahwa tidak pernah ada garis pemisah yang tegas antara yang tradisional dan yang modern; karena pada prakteknya thohsering ditemui pembauran keduanya, baik itu berupa inversi, tipografi atau enjambemennya yang ada di Puisi Tradisional muncul di Puisi Modern yang nyata nyata nya pun tak bisa itu dikatakan menjadi jenis jenis puisi tradisional dilihat dari keseluruhan bentuk puisi modern tersebut.

Intinya Puisi Tradisional ini menjadi semacam sebuah sistem kode budaya kesebuah generasi sastra selanjutnya.
Bukankah Syair ataupun Gurindam adalah pengaruh dari budaya luar juga, yakni Sastra Arab yang kemudian diterima sebagai kekayaan sendiri bukan? Yang mana Puisi tradisionalpun masih bisa kita nikmati keindahannya ini hari.

Nah sebagai penutup seperti ujaran diawal inilah Jenis Jenis Puisi tradisional (Lama) yang ada di Indonesia Itu
1.Pantun
2.Mantra
3.Gurindam
4.Syair
5.Talibun
6.Seloka

Salam….🙂

  1. June 30, 2010 at 8:20 am

    Oh puisi lama itu sebagai inti dari pembentukan puisi baru ya mas..thanks infonya mas

  2. June 30, 2010 at 8:52 am

    bener banget itu semua merupakan kode budaya suatu bangsa..tq 4 share🙂

  3. June 30, 2010 at 9:40 am

    Thanks sharingnya, aq dapat ilmu perbedaan antara keduanya. Salam sobat🙂

  4. June 30, 2010 at 12:19 pm

    kalo mocopat termasuk yang mana neh..?

  5. June 30, 2010 at 12:58 pm

    jadi inget buku bahasa indonesia yang itu hhehhe

  6. June 30, 2010 at 1:25 pm

    thx sharenya mas…jd tau nih, saya ngga ngerti teorinya, hehe…

  7. June 30, 2010 at 2:06 pm

    aku belum pernah denger yang seloka contohnya kaya gimana ya

  8. June 30, 2010 at 2:22 pm

    Thanks infonya Kang.. Sangat informatif…Oia Kang, Pasang lagi donk link Laksamana Embum, Link Akang masih ada di blog saya.. Thans

  9. June 30, 2010 at 4:05 pm

    berasa balik SMP hahahaha

  10. June 30, 2010 at 6:59 pm

    wah, belajar bahasa indonesia nijadi ingat masa sekolah dulu🙂

  11. June 30, 2010 at 8:45 pm

    wah menarik nih mas, nambah pengalaman mengenai jenis puisi…thanks dah shared yah

  12. June 30, 2010 at 9:05 pm

    keren nih post..simpel n menambah pengetahuan. good luck for admin

  13. julianusginting
    July 1, 2010 at 1:17 am

    tp jaman sekarang jenis puisi lama itu udah hampir tidak dikenal sob…skr dah modern, paling pantun dan syair yg masih org kenal

  14. July 1, 2010 at 3:26 am

    Terima kasih atas info dan artikelnya sangat bermanfaat untuk saya dalam mengetahui sejauh mana perbedaan antara puisi lama dan modern. Saya tunggu artikel2 selanjutnya yang sangat menarik sekali. Saya tunggu kunjungannya anda di blog saya. Slm Kenal

  15. July 1, 2010 at 4:05 am

    thanks… nambah wawasan nih.. ^^

  16. July 1, 2010 at 4:47 am

    kelingan jaman sekolah meneh..

  17. July 1, 2010 at 4:49 am

    kelingan jaman sekolah meneh..

  18. July 2, 2010 at 3:12 am

    Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

  19. July 6, 2010 at 4:18 am

    dari semua jenis puisi itu…tak satupun yang aku bisa bikinduuuuh, parahnya aku!

  20. August 20, 2010 at 10:11 am

    numnpang komen disini yaabisan yang diawal pada ketutup semuasalam anak SMP pekanbaru

  21. December 3, 2010 at 8:17 am

    terimakasih sudah berbagisemoga sukses selalu..kunjungi saya di..BLOG SAYA lirik juga..REPOSITORY

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: